Sebanyak 280 orang terdiri dari siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Karangploso menggelar kegiatan pembelajaran pembekalan manasik haji di “Pendopo Pranahara” SMP Negeri 1 Karangploso, Sabtu (22/02). Agenda manasik digelar sebagai pembelajaran penting bagi siswa, mengingat ibadah haji merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi orang muslim yang mampu.
“Ini kami laksanakan sebagai media memberikan motivasi bagi siswa-siswi untuk melaksanakan ibadah haji kelak ketika dewasa, atau bahkan mungkin saat masih sekolah,” kata Erna Eka Zuliyanti.
Latihandan pembekalan manasik haji merupakan pembelajaran yang sifatnya praktek. Hal ini merupakan upaya penguatan materi yang telah diajarkan guru di kelas secara teori.
“Pada intinya, bersekolah di madrasah mempunyai keunggulan dibandingkan sekolah umum, pembelajaran keagamaan lebih banyak dan bernilai plus,” tandasnya.
Sementara itu, Laili Azkiyah, pembimbing kegiatan manasik haji mengatakan, materi ibadah haji yang dipelajari siswa melalui kegiatan manasik merupakan sebuah pelajaran yang menjelaskan napak tilas Nabi Ibrahim dan Ismail. Napak tilas ini menjadi ibadah Umat Islam sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad.
“Wukuf, lempar jumrah, sa’i dan sebagainya menjadi gambaran jejak langkah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Menjadi ibadah bagi kita setelah disempurnakan oleh Rasulullah Muhammad,” jelas Laili Azkiyah.
Rangkaian kegiatan manasik ini dimulai dengan memakai pakaian ihram. Para siswa dipandu juga untuk membaca niat haji. Selanjutnya menuju arafah untuk melaksanakan wukuf. Disana peserta manasik mendengarkan khotbah dan berdoa. Setelah itu menuju Mina untuk lontar jumrah. Usai lontar jumrah melakukan tahalul dan mabit di mina. Kemudian jemaah menuju masjidil haram di Makkah. Mereka melaksanakan ibadah thawaf dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Dilanjutkan dengan sa’i dan tahallul akhir.
“Semua rangkaian itu merupakan alur ibadah haji sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad,” ujar Laili Azkiyah.
Ia menambahkan tujuan lain dari manasik haji ini adalah sebagai syiar agama yang diwujudkan dengan ghirah latihan manasik haji di lingkungan madrasah. Siswa juga merasakan adanya satu kekuatan besar dari sebuah kebersamaan Umat Islam.
Salah seorang peserta manasik haji, Muzakki, siswa kelas sembilan mengaku sangat senang bisa mengikuti seluruh rangkaian pembekalan kegiatan manasik haji. Menjadikan ingin segera naik haji sesungguhnya, ujarnya saat ditemui di sela kegiatan.


https://www.facebook.com/smpnkarangploso/
 

By smpn1karangploso

Meraih Prestasi Bersama Sekolah Kebanggaanku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *