Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan kunjungan dan melaksanakan program Sehari Belajar di Luar Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangploso, Kamis (7/11/2019).
Tujuannya tak lain adalah untuk mewujudkan institusi pendidikan dasar di Indonesia sebagai tempat yang nyaman untuk belajar.
Adapun pelaksanaanya sekitar tiga jam di masing-masing sekolah.
Selama tiga jam tersebut ditanamkan pendidikan karakter di antaranya ditandai dengan salam, senyum dan sapa di sekolah oleh semua warga sekolah, tertib mengantre saat masuk ruang kelas serta tertib bermain dan meminjam buku.
Selain itu, juga ditanamkan mengenai kesehatan, iman dan takwa, gemar membaca, adaptasi perubahan iklim, peduli dan cinta lingkungan, pelestariaan budaya, cinta tanah air maupun sadar bencana.
Banyak sekolah melanjutkan kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas tidak hanya sehari dalam setahun tetapi ada yang seminggu sekali atau sebulan sekali.
Keberhasilan Sekolah Ramah Anak akan mendukung terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) yang diharapkan dapat tercapai pada 2030.
 

By smpn1karangploso

Meraih Prestasi Bersama Sekolah Kebanggaanku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *